Menkum HAM: Sita Harta Koruptor Sampai Miskin

CILACAP – Sejumlah kalangan mendesak agar Indonesia menerapkan hukuman mati untuk koruptor, agar menimbulkan efek jera di masyarakat.

Menkum HAM Patrialis Akbar menyatakan setuju dengan wacana hukuman mati tersebut karena sudah diatur dalam undang-undang.

Hukuman mati kata dia bisa diterapkan asal memenuhi kualifikasi seperti negara dalam keadaan krisis dan bencana alam, serta kondisi tertentu yang mengakibatkan perekonomian guncang.

Lebih lanjut bahkan Menkum HAM mewacanakan alternatif hukuman untuk membuat jera koruptor.

“Kita jauthkan hukuman pemiskinan,” terang Patrialis Akbar saat di Pendopo Cahyana Kabupaten Cilacap sesaat sebelum kunjungan kerja ke lapas Nusakambangan, Rabu 7 April 2010.

Hukuman pemiskinan, dalam arti harta milik koruptor itu disita sampai koruptor itu jatuh miskin. Hal ini dianggap layak diterapkan karena selama ini hukuman yang dijatuhkan tidak membuat jera pejabat atau orang yang berniat melakukan tindak pidana korupsi.

“Putusan itu bisa dilaksanakan tetapi itu kewenangannya di hakim, karena mereka yang berhak memutuskan di pengadlan apakah mereka berani memutuskan putusan itu atau tidak,” kata Patrialis.

Sumber : Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: