Unjuk Rasa Besar di Italia Kecam Israel

Roma – Infopalestina: Komunitas Palestina di Italia berkoordinasi dengan perwakilan Palestina dan perwakilan negara-negara Islam serta sejumlah LSM di sana menggelar unjuk rasa di kota Milano mengecam serangan berdarah Israel terhadap armada kemanusiaan beberapa hari lalu. Hal ini digelar sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina dan tuntutan membebaskan Jalur Gaza dari blokade.

Unjuk yang digelar kemarin Selasa (8/6) diikuti ribuan warga dan dua anggota parlemen Italia yang ikut dalam konvoi bantuan kemanusiaan Joe Falazi dan Muin Qaraqi’.

Dalam orasinya, Joe menegaskan, pemerintah Netanyahu sebagaimana kebiasaannya menerapkan politik arogansi brutal dengan menyerang armada kemanusiaan Freedom Flotilla. Ia menegaskan, tindakan kejahatan kemanusiaan Israel ini bukan pertama kalinya terhadap kaum sipil, bukan pertama kalinya ia melanggar undang-undang internasional dan kemanusiaan. ‘Kita sebagai relawan sipil tidak akan berhenti menuntut pembebasan blokade dan meminta agar blokade segera dibuka tanpa syarat. Sehingga bantuan kemanusiaan bisa masuk Jalur Gaza, termasuk orang dan barang-barang yang dibutuhkan lainnya.

Unjuk rasa itu tumpah ruah di jalan-jalan Milano. Ketika sampai di dekat konsulat Turki, para pengungsi raja berteriak “Turki…Turki….hidup Turki..”. Beberapa saat kemudian keluar pegawai konsulat Turki untuk memberikan sambutan di depan pengunjuk rasa. Sebagian lagi menerikkan “hidup Ergogan” bendera Palestina dan Italia pun berkibar termasuk bendera partai-partai kiri merah.

Unjuk rasa yang sama juga digelar di kota Toronto. Anggota parlemen Italia Angela Lano memberikan orasi dalam unjuk rasa ini. Unjuk rasa juga digelar di kota Roma yang diikuti oleh ribuan warga. Menurut pengamat, unjuk rasa sebesar ini belum pernah digelar di Italia sebesar ini semenjak operasi Israel Cast Lade ke Jalur Gaza.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: